Tugas Komponen Visual Basic 6.0

Visual BASIC (Beginners All-Purpose Symbolic Instruction Code) merupakan sebuah bahasa pemrograman yang dapat digunakan untuk membuat suatu aplikasi dalam Microsoft Windows. Visual BASIC menggunakan metode Graphical User Interface (GUI) dalam pembuatan program aplikasi (project). Istilah visual mengacu pada metode pembuatan tampilan program (Interface) atau objek pemrograman yang biasa dilakukan secara langsung terlihat oleh programmer. Dalam Visual BASIC, pembuatan program aplikasi harus dikerjakan dalam sebuah project.
Sebuah Project dapat terdiri dari File Project (.vbp), File Form (.frm), File data binary (.frx), Modul Class (.cls), Modul Standar (.bas), dan file resource tunggal (.res). Bahasa yang digunakan adalah bahasa BASIC yang sangat populer pada era sistem operasi DOS

Properti
Adalah karakteristik yang melekat pada sebuah objek yang menunjukkan ciri /karakteristik suatu objek. Misalnya BackColor menunjukkan warna latar belakang, Font menunjukkan jenis dan ukuran font yang digunakan, dan sebagainya. Pengaturan properti suatu objek dapat diatur dengan 2 cara. Cara pertama adalah dengan mengatur komponen melalui Property Window. Cara kedua adalah dengan memberi baris program pada Code Window dengan urutan penulisan sebagai berikut:

<Nama_Objek> . <Property> = <Nilai/Value>

Event
Menunjukkan kejadian yang terjadi pada sebuah objek. Misalnya kejadian ketika command1 diklik (event Command1_Click), kejadian ketika form loading pertama kali (event Form_Load), dan sebagainya.

Metode (Method)
Adalah prosedur yang dikerjakan pada satu objek. Metode merupakan suatu tindakan di mana objek dapat di bentuk.





Read More!

Organisasi dan Arsitektur Komputer


Komputer adalah sebuah mesin hitung elektronik yang secara cepat menerima informasi masukan digital dan mengolah informasi tersebut menurut seperangkat instruksi yang tersimpan dalam komputer tersebut dan menghasilkan keluaran informasi yang dihasilkan setelah diolah.


Organisasi Komputer adalah bagian yang terkait erat dengan unit–unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya.

Contoh aspek organisasional adalah teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, sistem memori, dan sinyal–sinyal kontrol.


Arsitektur Komputer  lebih cenderung pada kajian atribut–atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer.

Contohnya, set instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O






Read More!

Konsep Pemrograman Visual

PENGERTIAN VISUAL
Visual adalah cara yang digunakan untuk membuat graphical user interface (gui)
Tidak perlu menuliskan intruksi pemrograman dalam kode-kode baris, tetapi secara mudah dapat melakukan “drag” dan “drop” objek-objek yang akan digunakan

KONSEP PEMROGRAMAN BERBASIS VISUAL
Program berbasis visual memakai konsep event-driven, kode program tidak mengikuti alur yang ditetapkan awal, ekseskusi program dapat berlainan sesuai dengan event yang diberikan.
Urutan event menentukan urutan kode yang dieksekusi, jadi alur jalannya program bisa berbeda untuk setiap program dieksekusi.

PENGERTIAN BASIC
Basic (beginners all-purpose symbolic instruction code) yaitu sebuah bahasa pemrograman yang dalam sejarahnya sudah banyak digunakan oleh para programmer untuk menyusun aplikasi






Read More!

My Blog List